RENCANA PELAKSANAAN KONSELING
OLEH
TOMI RISADI
09020127
ADI HERLAMBANG
09020161
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2012
A. Nama Konseli : 00352/AH/X3/14
B Kelas X 3.
C. Rumusan Masalah : Siswa meras terisolir dari teman-temanya dan tidak memiliki komunikasi yang baik di sekolah sehingga timbul permasalahan yang kompleks.
D Rumusan Tujuan 4.1.Konseli dapat memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain.
4.2.Konseli kembali ceria
4.3.Konseli dapat memahami kenapa dirinya bisa terisolir dari teman-temannya di sekolah
E. Pendekatan yang digunakan
Teknik yang digunakan : Trait and Factor
F. Pelaksanaan Konseling
1. Membuka Konseling : 5 Menit
a).Konseli di panggil guru bk ke ruangan BK
b).Memberi penghargaan karena sudah mau memenuhi panggilan dan mengucapkan
terima kasih.
c).Membicarakan topik netral.
d).Menetapkan tujuan konseling.
2. Melaksanakan Konseling
a).Konselor menanamkan rasa percaya diri kepada konseli
b).Konselor mengajak konseli untuk bersikap tenang.
c).Konseli menceritakan sebab-sebab kenapa ia di jauhi dari teman-teman dan meras terisolir baik saat jam istirahat ataupun di dalam kelas dia merasa tidak mempunyai teman dan binging apabila guru memberikan tugas kelompok.
d).Konselor Menunjukkan sikap empati.
e).Konselor menenangkan perasaan konseli.
f).Konselor berusaha mengarahkan konseli untuk dapat mengambil suatu keputusan yang terbaik untuk dirinya sendiri.
g).Konseli memantapkan kembali keputusan apa yang telah di ambil oleh konseli.
3.Mengakhiri Konseling 5 Menit
a). Konselor memberi tau kepada konseli kalu proses konseling hampir selesai.
b).Konselor membuat kesimpulan.
c.Konselor menetapkan langkah-langkah apa yang harus di lakukan konseli.
d).Konselor memotivasi siswa agar bersikap ceria di lingkungan sekolah dan dapat bersikap terbuka.
G. Rencana Evaluasi Hasil Waktu dan Tempat
a).Waktu :Pkl 08.00 sd 09.00 Wib
b).Tempat :Ruang Bimbingan dan Konseling
H.Instrumen Evaluasi.
a).Lembar observasi untuk mengukur prilaku konseli yang merasa cemas dan was-was terganggu dari sikap teman-temannya di sekolah terutama kelas dalam satu kelas konseli.
PEDOMAN OBSERVASI SEBELUM KONSELING DI LAKSANAKN.
PRILAKU SISWA
Aspek Tinggi Sekali Tinggi Sedang Rendah
Kecamasan X - - -
Emosional di lingkungan sekolah X - - -
Motivasi untuk bersosialisasi - - - X
PEDOMAN OBSERVASI SESUDAH KONSELING DI LAKSANAKN.
PRILAKU SISWA
Aspek Tinggi Sekali Tinggi Sedang Rendah
Kecamasan - - - X
Emosional di lingkungan sekolah - - X -
Motivasi untuk bersosialisasi X - - -
CATATAN: Pedoman sesudah observasi di ambil atau di isi sambil mengamati atau memantau kondisi siswa.
Mengetahui,
Kepala SMAN I Cukuh balak
NIP. Cukuhbalak,
Guru Pembimbing,
Tomi Risai
09020127
Tidak ada komentar:
Posting Komentar