Rabu, 21 Maret 2012

BK Pringsewu permainan bk


PERANG BALON

 


DIAJUKAN SEBAGAI SALAH SATU SYARAT MENGIKUTI TUGAS MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BK
DOSEN PENGAMPU: HARDI SANTOSA, S. Pd, M.Pd


DISUSUN OLEH:

STKIP BARU.jpg



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2011

PERANG BALON

Tujuan                         : agar dapat memberikan kesegaran kepada peserta dalam meluapkan emosi dan melatih kecepatan dalam bertindak.
Bidang Bimbingan      : pribadi, sosial
Waktu                         : 30 menit
Bahan/alat                   : balon dan tali (untuk mengikat balon)
Jumlah peserta             : berkelompok (7-10 orang)
Jenis permainan           : kerjasama dan kompetensi


Cara Permainan :
  1. Bagikan satu buah balon dan seutas tali (kurang lebih 60cm) kepada masing-masing peserta outbound.
  2. Instruktur memerintahkan peserta untuk meniup balon masing-masing
  3. Balon yang sudah ditiup kemudian diikatkan dengan tali dan diikatkan dengan salah satu kaki peserta (kanan atau kiri)
  4. Instruktur menjelaskan kepada peserta tujuan permainannya, yaitu memecahkan balon peserta lain sebanyak mungkin tanpa membuat balon yang ada dikakinya pecah
  5. Permainan dimulai ketika ada aba-aba dari instruktur

Larangan dan Hukuman
  1. Bagi peserta yang balonnya meletus, harus meninggalkan lokasi permainan dan tidak boleh menginjak balon temannya lagi
  2. Peserta terakhir yang balonnya tidak pecah adalah pemenangnya.

Evaluasi dan refleksi:
1.      Apakah ada kelompok yang melanggar?
2.      Apakah makna dari permainan ini?
3.      Apakah ada peserta yang curang?
4.      Pelajaran apa yang didapat?

Poin belajar (learning point) yang diperolah:
Melalui berbagai pertanyaan dan diskusi, konselor / guru bimbingan dan konsiling/ fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu melatih kecepatan siswa dalam bertindak.






















http://htmlimg1.scribdassets.com/9ttbf2jxrrbhla8/images/2-ff156bc632/000.jpgSatuan layanan
(satlan)

A.
Mata Layanan
:
Layanan dasar
B.
Bidang Bimbingan
:
Sosial / Pribadi
C.
Topik permasalahan
:
Mempelajari tentang bagaimana cara  siswa meluapkan emosi, memberikan kesegaran dan melatih kecepatan dalam bertindak
D.
Kompetensi
:
Kematangan hubungan dengan teman sebaya
E.
Sub Kompetensi
:
Menumbuhkan cara meluapkan emosi, memberikan kesegaran dan  cepat dalam bertindak
F.
Indikator
:
Siswa dapat menerapkan cara meluapkan emosi, memberikan  kesegaran dan cepat dalam bertindak.
G.
Jenis Layanan
:
Layanan orientasi
H.
Fungsi Layanan
:
Responsif
I
Tujuan
:
agar dapat memberikan kesegaran kepada peserta dalam meluapkan emosi dan melatih kecepatan dalam bertindak.
J.
Sasaran Layanan
:
Siswa kelas XI  ips
K.
Strategi Layanan
:
Klasikal
L.
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang kelas
M.
Waktu
:
1x  30  Menit
N.
Materi
:
Terlampir
O.
Setting dan Pengalman Belajar
     Guru Pembimbing/Konselor



    

 Siswa/Konseli
:
:





:

Mengabsen siswa
Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok Memberikan intruksi kepada siswa/ peserta didik.
Menanyakan kepada peserta didik yang belum mengerti.
Refleksi
Siap menerima materi dan refleksi
Mendengarkan intruksi yang diberikan konselor
Menjawab pertanyaan konselor
Komunikasi aktif
Refleksi
P
Penyelenggara Layanan
:
Hakiki arnas
Q.
Alat dan Perlengkapan
:
balon dan tali (untuk mengikat balon)
R.
Biaya
:
RAPBS
S.
Evaluasi
-          Input

-          Proses
-          Produk
:
:

:
:

Siswa membutuhkan wawasan dan pengetahuan tentang cara bekerjasama dalam kelompok
Antusias siswa cukup tinggi
Siswa dapat mengetahui tentang bekerjasama dalam kelompok
T.
Rencana dan Tindak Lanjut
:
Bimbingan kelompok



Mengetahui,
Kepala SMA N 1



KHAIRUDDIN, S.Pd.
NIP.
Pringsewu, November 2011
Guru Pembimbing,















 

BENTENG


DIAJUKAN SEBAGAI SALAH SATU SYARAT MENGIKUTI TUGAS MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BK
DOSEN PENGAMPU: HARDI SANTOSA, S. Pd, M.Pd


DISUSUN OLEH:
NAMA                        : TOMI RISADI
NPM               : 09020127
KELAS           : V B


STKIP BARU.jpg



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2011




BENTENG
Tujuan                         : melatih kekompakan tim, dan mengatur strategi dalam bermain,dan di ajarkan cara mempertahankan sebuah kerajaan
Bidang Bimbingan        : pribadi, sosial
Waktu                         : tergantung kesepakatan
Bahan/alat                   : batu,untuk markas para kelompok
Jumlah peserta             : berkelompok (5-7 orang)
Jenis permainan           : kerjasama dan kompetensi


Cara Permainan :
  1. Membentuk anggota kelompok bermain dengan syarat ada 2 kelompok saja
  2. Berlari dari arah yang berlawanan
  3. Saling memegang antara individu satu dengan yang lain dengan syarat siapa yang duluan pergi dari benteng maka apabila bertemu lawan yang baru keluar dari benteng maka yang duluan pergi tersebut takut dan berusaha menyelamatkan diri
  4. Permainan dimulai ketika sudah ada kesepakatan antara kedua kelompok

Larangan dan Hukuman
  1. Bagi peserta yang yang kena pegang maka dia akan menjadi tahanan dan berdiri di samping sambil menunggu di selamatkan temannya

Evaluasi dan refleksi:
1.      Apakah ada kekompakan kelompok
2.      Apakah makna dari permainan ini?
3.      Apakah ada peserta yang curang?
4.      Pelajaran apa yang didapat?
Poin belajar (learning point) yang diperolah:
Melalui berbagai pertanyaan dan diskusi, konselor / guru bimbingan dan konsiling/ fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu melatih kecepatan siswa dalam bertinda


http://htmlimg1.scribdassets.com/9ttbf2jxrrbhla8/images/2-ff156bc632/000.jpgSatuan layanan
(satlan)

A.
Mata Layanan
:
Layanan dasar
B.
Bidang Bimbingan
:
Sosial / Pribadi
C.
Topik permasalahan
:
Mempelajari tentang bagaimana cara  siswa meluapkan emosi, memberikan kesungguhan dan melatih kecepatan dalam bertindak
D.
Kompetensi
:
Kematangan hubungan dengan teman sebaya
E.
Sub Kompetensi
:
Menumbuhkan cara meluapkan emosi, memberikan kesegaran dan  cepat dalam bertindak
F.
Indikator
:
Siswa dapat menerapkan cara meluapkan emosi, memberikan  kecepatan dan cepat dalam bertindak.
G.
Jenis Layanan
:
Layanan orientasi
H.
Fungsi Layanan
:
Responsif
I
Tujuan
:
agar dapat memberikan kesunguhan kepada peserta dalam meluapkan emosi dan melatih kecepatan dalam bertindak.
J.
Sasaran Layanan
:
Siswa kelas VII  
K.
Strategi Layanan
:
Klasikal
L.
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang kelas
M.
Waktu
:
1x  30  Menit
N.
Materi
:
Terlampir
O.
Setting dan Pengalman Belajar
     Guru Pembimbing/Konselor



    

 Siswa/Konseli
:
:





:

Mengabsen siswa
Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok Memberikan intruksi kepada siswa/ peserta didik.
Menanyakan kepada peserta didik yang belum mengerti.
Refleksi
Siap menerima materi dan refleksi
Mendengarkan intruksi yang diberikan konselor
Menjawab pertanyaan konselor
Komunikasi aktif
Refleksi
P
Penyelenggara Layanan
:
Tomi risadi
Q.
Alat dan Perlengkapan
:
Batu untuk pondasi dalam permainan
R.
Biaya
:
RAPBS
S.
Evaluasi
-          Input

-          Proses
-          Produk
:
:

:
:

Siswa membutuhkan wawasan dan pengetahuan tentang cara bekerjasama dalam kelompok
Antusias siswa cukup tinggi
Siswa dapat mengetahui tentang bekerjasama dalam kelompok
T.
Rencana dan Tindak Lanjut
:
Bimbingan kelompok



Mengetahui,
Kepala SMA N 1

Drs rumainur, S.Pd.
NIP.
Pringsewu Desember 2011
Guru Pembimbing,



TOMI RISADI
NPM. 09020 127





BLIND TRAIN




DIAJUKAN SEBAGAI SALAH SATU SYARAT MENGIKUTI TUGAS MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BK
DOSEN PENGAMPU: HARDI SANTOSA, S. Pd, M.Pd


DISUSUN OLEH:
NAMA             : YOSI IRFANDI
NPM                : 09020125
KELAS                        : V B
















SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2011

BLIND TRAIN



http://outboundmalang.com/wp-content/uploads/2010/04/blind-train.jpg
 







Tujuan                         : melatih kekompakan tim, kepercayaan kepada pemimpin, dan bagaimana cara mengatur strategi dalam permainan.
Bidang Bimbingan      : pribadi, sosial
Waktu                         : 20 menit
Bahan/alat                   : penutup mata/slayer
Jumlah peserta             : berkelompok (8-10 orang)
Jenis permainan           : kerjasama dan kompetensi

Langkah-langkah
ü Peserta di bagi dalam beberapa kelompok tim.
ü Tiap-tiap kelompok berjumlah antara 8-10 orang
ü Instruktur menentukan garis finish terlebih dahulu
ü Seluruh peserta membuat barisan satu banjar kebelakang
ü Seluruh mata peserta  ditutup oleh penutup mata/slayer.
ü Peserta yang paling belakang bertindak sebagai masinis.
ü Instruktur mengumpulkan “masinis” kemudian diberi briefing cara permainan dan diberitahu garis finishnya.
ü Seluruh masinis kembali kekelompoknya masing-masing, berdiri diposisi paling belakang barisan.
ü Cara berjalan adalah, dengan cara menepuk bahu kanan untuk belok ke kanan. Menepuk bahu kiri untuk belok ke kiri. Menepuk dua-duanya untuk jalan lurus. Mulut tidak boleh berbicara sama sekali.
ü Kelompok pertama yang sampai di garis finish adalah pemenangnya.

Larangan
  1. Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus.
  2. Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuh
atau tertinggal sebagian.

Evaluasi dan refleksi:
1.      Apakah ada kelompok yang tidak kompak?
2.      Apakah ada kelompok yang melanggar?
3.      Apakah makna dari permainan ini?

Poin belajar (learning point) yang diperolah:
Melalui berbagai pertanyaan dan diskusi, konselor / guru bimbingan dan konsiling/ fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu bekerjasama dalam kelompok agar cepat sampai di garis finish lebih dahulu agar dinyatakan sebagai pemenang.


















http://htmlimg1.scribdassets.com/9ttbf2jxrrbhla8/images/2-ff156bc632/000.jpgSatuan layanan
(satlan)

A.
Mata Layanan
:
Layanan dasar
B.
Bidang Bimbingan
:
Sosial / Pribadi
C.
Topik permasalahan
:
Mempelajari tentang bagaimana cara bekerjasama dalam satu  tim agar menjadi pemenang
D.
Kompetensi
:
Kematangan hubungan dengan teman sebaya
E.
Sub Kompetensi
:
Menumbuhkan cara bekerjasama dalam satu tim
F.
Indikator
:
Siswa dapat menerapkan cara bekerjasama dalam satu tim
G.
Jenis Layanan
:
Layanan orientasi
H.
Fungsi Layanan
:
Responsif
I
Tujuan
:
Agar dapat bekerjasama dalam satu tim yang berbeda-beda.
J.
Sasaran Layanan
:
Siswa kelas X
K.
Strategi Layanan
:
Layanan orientasi
L.
Tempat Penyelenggaraan
:
Lapangan
M.
Waktu
:
1x  20  Menit
N.
Materi
:
Terlampir
O.
Setting dan Pengalman Belajar
     Guru Pembimbing/Konselor



    

     Siswa/Konseli
:
:





:

Mengabsen siswa
Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok Memberikan intruksi kepada siswa/ peserta didik.
Menanyakan kepada peserta didik yang belum mengerti.
Refleksi
Siap menerima materi dan refleksi
Mendengarkan intruksi yang diberikan konselor
Menjawab pertanyaan konselor
Komunikasi aktif
Refleksi
P
Penyelenggara Layanan
:
Yosi irfandi
Q.
Alat dan Perlengkapan
:
penutup mata/slayer
R.
Biaya
:
RAPBS
S.
Evaluasi
-          Input

-          Proses
-          Produk
:
:

:
:

Siswa membutuhkan wawasan dan pengetahuan tentang cara bekerjasama dalam satu tim
Antusias siswa cukup tinggi
Siswa dapat mengetahui tentang bekerjasama dalam tim
T.
Rencana dan Tindak Lanjut
:
Bimbingan kelompok


Mengetahui,
Kepala SMA




NIP.
Pringsewu,
Guru Pembimbing,



YOSI IRFANDI
NPM. 09020125




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal kepribadian bk

    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan positif (+) bila sesuai dengan anda, atau negatif (-) bila tidak sesuai dengan anda....