PERANG BALON
DIAJUKAN SEBAGAI
SALAH SATU SYARAT MENGIKUTI TUGAS MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BK
DOSEN PENGAMPU:
HARDI SANTOSA, S. Pd, M.Pd
DISUSUN OLEH:
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2011
PERANG BALON
Tujuan : agar dapat
memberikan kesegaran kepada peserta dalam meluapkan emosi dan melatih kecepatan
dalam bertindak.
Bidang
Bimbingan : pribadi, sosial
Waktu : 30 menit
Bahan/alat : balon dan tali (untuk
mengikat balon)
Jumlah
peserta : berkelompok (7-10
orang)
Jenis permainan : kerjasama dan kompetensi
Cara
Permainan :
- Bagikan satu buah balon dan seutas tali (kurang lebih 60cm) kepada masing-masing peserta outbound.
- Instruktur memerintahkan peserta untuk meniup balon masing-masing
- Balon yang sudah ditiup kemudian diikatkan dengan tali dan diikatkan dengan salah satu kaki peserta (kanan atau kiri)
- Instruktur menjelaskan kepada peserta tujuan permainannya, yaitu memecahkan balon peserta lain sebanyak mungkin tanpa membuat balon yang ada dikakinya pecah
- Permainan dimulai ketika ada aba-aba dari instruktur
- Bagi peserta yang balonnya meletus, harus meninggalkan lokasi permainan dan tidak boleh menginjak balon temannya lagi
- Peserta terakhir yang balonnya tidak pecah adalah pemenangnya.
Evaluasi dan refleksi:
1. Apakah ada kelompok yang melanggar?
2. Apakah makna dari permainan ini?
3. Apakah ada peserta yang curang?
4. Pelajaran
apa yang didapat?
Poin belajar (learning point) yang diperolah:
Melalui
berbagai pertanyaan dan diskusi, konselor / guru bimbingan dan konsiling/
fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu
melatih kecepatan siswa dalam bertindak.
Satuan
layanan
(satlan)
A.
|
Mata Layanan
|
:
|
Layanan
dasar
|
B.
|
Bidang Bimbingan
|
:
|
Sosial /
Pribadi
|
C.
|
Topik permasalahan
|
:
|
Mempelajari tentang bagaimana cara siswa meluapkan emosi, memberikan kesegaran
dan melatih kecepatan dalam bertindak
|
D.
|
Kompetensi
|
:
|
Kematangan
hubungan dengan teman sebaya
|
E.
|
Sub Kompetensi
|
:
|
Menumbuhkan
cara meluapkan emosi, memberikan kesegaran dan cepat dalam bertindak
|
F.
|
Indikator
|
:
|
Siswa
dapat menerapkan cara meluapkan emosi, memberikan kesegaran dan cepat dalam bertindak.
|
G.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Layanan orientasi
|
H.
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Responsif
|
I
|
Tujuan
|
:
|
agar
dapat memberikan kesegaran kepada peserta dalam meluapkan emosi dan melatih
kecepatan dalam bertindak.
|
J.
|
Sasaran Layanan
|
:
|
Siswa
kelas XI ips
|
K.
|
Strategi Layanan
|
:
|
Klasikal
|
L.
|
Tempat Penyelenggaraan
|
:
|
Ruang
kelas
|
M.
|
Waktu
|
:
|
1x 30
Menit
|
N.
|
Materi
|
:
|
Terlampir
|
O.
|
Setting dan Pengalman Belajar
Guru Pembimbing/Konselor
Siswa/Konseli
|
:
:
:
|
Mengabsen
siswa
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok Memberikan intruksi kepada siswa/
peserta didik.
Menanyakan
kepada peserta didik yang belum mengerti.
Refleksi
Siap
menerima materi dan refleksi
Mendengarkan
intruksi yang diberikan konselor
Menjawab
pertanyaan konselor
Komunikasi
aktif
Refleksi
|
P
|
Penyelenggara Layanan
|
:
|
Hakiki
arnas
|
Q.
|
Alat dan Perlengkapan
|
:
|
balon dan tali (untuk
mengikat balon)
|
R.
|
Biaya
|
:
|
RAPBS
|
S.
|
Evaluasi
-
Input
-
Proses
-
Produk
|
:
:
:
:
|
Siswa
membutuhkan wawasan dan pengetahuan tentang cara bekerjasama dalam kelompok
Antusias
siswa cukup tinggi
Siswa
dapat mengetahui tentang bekerjasama dalam kelompok
|
T.
|
Rencana dan Tindak Lanjut
|
:
|
Bimbingan
kelompok
|
Mengetahui,
Kepala
SMA N 1
KHAIRUDDIN,
S.Pd.
NIP.
|
Pringsewu,
November 2011
Guru
Pembimbing,
|
BENTENG
DIAJUKAN SEBAGAI
SALAH SATU SYARAT MENGIKUTI TUGAS MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BK
DOSEN PENGAMPU:
HARDI SANTOSA, S. Pd, M.Pd
DISUSUN OLEH:
NAMA :
TOMI RISADI
NPM :
09020127
KELAS :
V B
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2011
BENTENG
Tujuan : melatih kekompakan
tim, dan mengatur strategi dalam
bermain,dan di ajarkan cara mempertahankan sebuah kerajaan
Bidang Bimbingan : pribadi, sosial
Waktu : tergantung kesepakatan
Bahan/alat : batu,untuk markas para kelompok
Jumlah
peserta : berkelompok (5-7 orang)
Jenis permainan : kerjasama dan kompetensi
Cara
Permainan :
- Membentuk anggota kelompok bermain dengan syarat ada 2 kelompok saja
- Berlari dari arah yang berlawanan
- Saling memegang antara individu satu dengan yang lain dengan syarat siapa yang duluan pergi dari benteng maka apabila bertemu lawan yang baru keluar dari benteng maka yang duluan pergi tersebut takut dan berusaha menyelamatkan diri
- Permainan dimulai ketika sudah ada kesepakatan antara kedua kelompok
- Bagi peserta yang yang kena pegang maka dia akan menjadi tahanan dan berdiri di samping sambil menunggu di selamatkan temannya
Evaluasi dan refleksi:
1. Apakah ada kekompakan
kelompok
2. Apakah makna dari permainan ini?
3. Apakah ada peserta yang curang?
4. Pelajaran
apa yang didapat?
Poin belajar (learning point) yang diperolah:
Melalui
berbagai pertanyaan dan diskusi, konselor / guru bimbingan dan konsiling/
fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu
melatih kecepatan siswa dalam bertinda
Satuan
layanan
(satlan)
A.
|
Mata Layanan
|
:
|
Layanan
dasar
|
B.
|
Bidang Bimbingan
|
:
|
Sosial /
Pribadi
|
C.
|
Topik permasalahan
|
:
|
Mempelajari tentang bagaimana cara siswa meluapkan emosi, memberikan kesungguhan dan melatih
kecepatan dalam bertindak
|
D.
|
Kompetensi
|
:
|
Kematangan
hubungan dengan teman sebaya
|
E.
|
Sub Kompetensi
|
:
|
Menumbuhkan
cara meluapkan emosi, memberikan kesegaran dan cepat dalam bertindak
|
F.
|
Indikator
|
:
|
Siswa
dapat menerapkan cara meluapkan emosi, memberikan kecepatan dan cepat dalam bertindak.
|
G.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Layanan
orientasi
|
H.
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Responsif
|
I
|
Tujuan
|
:
|
agar
dapat memberikan kesunguhan kepada peserta dalam meluapkan emosi dan melatih kecepatan dalam
bertindak.
|
J.
|
Sasaran Layanan
|
:
|
Siswa
kelas VII
|
K.
|
Strategi Layanan
|
:
|
Klasikal
|
L.
|
Tempat Penyelenggaraan
|
:
|
Ruang
kelas
|
M.
|
Waktu
|
:
|
1x 30
Menit
|
N.
|
Materi
|
:
|
Terlampir
|
O.
|
Setting dan Pengalman Belajar
Guru Pembimbing/Konselor
Siswa/Konseli
|
:
:
:
|
Mengabsen
siswa
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok Memberikan intruksi kepada siswa/
peserta didik.
Menanyakan
kepada peserta didik yang belum mengerti.
Refleksi
Siap
menerima materi dan refleksi
Mendengarkan
intruksi yang diberikan konselor
Menjawab
pertanyaan konselor
Komunikasi
aktif
Refleksi
|
P
|
Penyelenggara Layanan
|
:
|
Tomi risadi
|
Q.
|
Alat dan Perlengkapan
|
:
|
Batu untuk pondasi dalam permainan
|
R.
|
Biaya
|
:
|
RAPBS
|
S.
|
Evaluasi
-
Input
-
Proses
-
Produk
|
:
:
:
:
|
Siswa
membutuhkan wawasan dan pengetahuan tentang cara bekerjasama dalam kelompok
Antusias
siswa cukup tinggi
Siswa
dapat mengetahui tentang bekerjasama dalam kelompok
|
T.
|
Rencana dan Tindak Lanjut
|
:
|
Bimbingan
kelompok
|
Mengetahui,
Kepala
SMA N 1
Drs rumainur, S.Pd.
NIP.
|
Pringsewu Desember 2011
Guru
Pembimbing,
TOMI RISADI
NPM.
09020 127
|
BLIND TRAIN
DIAJUKAN SEBAGAI SALAH
SATU SYARAT MENGIKUTI TUGAS MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BK
DOSEN PENGAMPU: HARDI
SANTOSA, S. Pd, M.Pd
DISUSUN OLEH:
NAMA : YOSI
IRFANDI
NPM : 09020125
KELAS :
V B
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) MUHAMMADIYAH
PRINGSEWU LAMPUNG
2011
BLIND TRAIN
Tujuan : melatih kekompakan
tim, kepercayaan kepada pemimpin, dan bagaimana cara mengatur strategi dalam
permainan.
Bidang Bimbingan : pribadi, sosial
Waktu : 20 menit
Bahan/alat : penutup mata/slayer
Jumlah peserta : berkelompok (8-10 orang)
Jenis permainan : kerjasama dan kompetensi
Langkah-langkah
ü Peserta
di bagi dalam beberapa kelompok tim.
ü Tiap-tiap
kelompok berjumlah antara 8-10 orang
ü Instruktur
menentukan garis finish terlebih dahulu
ü Seluruh
peserta membuat barisan satu banjar kebelakang
ü Seluruh
mata peserta ditutup oleh penutup mata/slayer.
ü Peserta
yang paling belakang bertindak sebagai masinis.
ü Instruktur
mengumpulkan “masinis” kemudian diberi briefing cara permainan dan diberitahu
garis finishnya.
ü Seluruh
masinis kembali kekelompoknya masing-masing, berdiri diposisi paling belakang
barisan.
ü Cara
berjalan adalah, dengan cara menepuk bahu kanan untuk belok ke kanan. Menepuk
bahu kiri untuk belok ke kiri. Menepuk dua-duanya untuk jalan lurus. Mulut
tidak boleh berbicara sama sekali.
ü Kelompok
pertama yang sampai di garis finish adalah pemenangnya.
Larangan
- Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus.
- Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuh
atau tertinggal sebagian.
Evaluasi
dan refleksi:
1. Apakah
ada kelompok yang tidak kompak?
2. Apakah
ada kelompok yang melanggar?
3. Apakah
makna dari permainan ini?
Poin
belajar (learning point) yang diperolah:
Melalui
berbagai pertanyaan dan diskusi, konselor / guru bimbingan dan konsiling/
fasilitator memfasilitasi peserta untuk menemukan poin-poin belajar yaitu
bekerjasama dalam kelompok agar cepat sampai di garis finish lebih dahulu agar
dinyatakan sebagai pemenang.
Satuan layanan
(satlan)
A.
|
Mata Layanan
|
:
|
Layanan dasar
|
B.
|
Bidang Bimbingan
|
:
|
Sosial / Pribadi
|
C.
|
Topik permasalahan
|
:
|
Mempelajari tentang bagaimana
cara bekerjasama dalam satu tim agar
menjadi pemenang
|
D.
|
Kompetensi
|
:
|
Kematangan hubungan
dengan teman sebaya
|
E.
|
Sub Kompetensi
|
:
|
Menumbuhkan cara
bekerjasama dalam satu tim
|
F.
|
Indikator
|
:
|
Siswa dapat
menerapkan cara bekerjasama dalam satu tim
|
G.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Layanan orientasi
|
H.
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Responsif
|
I
|
Tujuan
|
:
|
Agar dapat
bekerjasama dalam satu tim yang berbeda-beda.
|
J.
|
Sasaran Layanan
|
:
|
Siswa kelas X
|
K.
|
Strategi Layanan
|
:
|
Layanan orientasi
|
L.
|
Tempat
Penyelenggaraan
|
:
|
Lapangan
|
M.
|
Waktu
|
:
|
1x 20
Menit
|
N.
|
Materi
|
:
|
Terlampir
|
O.
|
Setting dan Pengalman
Belajar
Guru Pembimbing/Konselor
Siswa/Konseli
|
:
:
:
|
Mengabsen siswa
Membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok Memberikan intruksi kepada siswa/ peserta didik.
Menanyakan kepada
peserta didik yang belum mengerti.
Refleksi
Siap menerima materi
dan refleksi
Mendengarkan intruksi
yang diberikan konselor
Menjawab pertanyaan
konselor
Komunikasi aktif
Refleksi
|
P
|
Penyelenggara Layanan
|
:
|
Yosi irfandi
|
Q.
|
Alat dan Perlengkapan
|
:
|
penutup
mata/slayer
|
R.
|
Biaya
|
:
|
RAPBS
|
S.
|
Evaluasi
-
Input
-
Proses
-
Produk
|
:
:
:
:
|
Siswa membutuhkan
wawasan dan pengetahuan tentang cara bekerjasama dalam satu tim
Antusias siswa cukup
tinggi
Siswa dapat
mengetahui tentang bekerjasama dalam tim
|
T.
|
Rencana dan Tindak
Lanjut
|
:
|
Bimbingan kelompok
|
Mengetahui,
Kepala SMA
NIP.
|
Pringsewu,
Guru Pembimbing,
YOSI IRFANDI
NPM. 09020125
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar