Minggu, 09 Juni 2013

SATUAN LAYANAN BK LAYANAN INFORMASI TIPS BARGAUL ATAU BERSAHABAT YANG BAIK




SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
( BIMBINGAN SOSIAL )

Nama sekolah
 :  SMP N 1 AMBARAWA
Tahun ajaran
 :  2012/ 2013
Kelas
 :  VIII
Semester
 :  Genap
A.    Tugas Perkembangan
:  Mencapai kematangan dalam bergaul atau bersahabat dengan baik
B.     Kopetensi Dasar
:Mampu Bersosialisasi dengan baik.
C.     Indikator.
:Selalu berhati-hati dalam segala ucapan dan tindakannya.
D.    Topik Bahasan
 :  Tips bergaul atau bersahabat yang baik.
E.     Bidang Bimbingan
 : Pribadi  Sosial
F.      Jenis Layanan
 :  Informasi
G.    Fungsi Layanan
 :  Pemahaman
H.    Tujuan Layanan
1.      Agar siswa – siswi dapat memahami tentang pentingnya persahabatan.
1.      Siswa –Siswi dapat megetahui sikap apa saja yang harus dilakukan seorang sahabat.
I.  Sasaran Layanan
 :  Siswa-Siswi kelas VIII
J.Strategi Layanan.
 :  Klasikal.
K.  Tahap Pelaksanaan
 : 1. Pembukaan
a.       Mengucapkan salam
b.      Mengabsen siswa dan mengecek persiapan siswa
c.       Menjelaskan kegiatan dan tujuan layanan yang akan dicapai.
  2. Kegiatan Inti
a.  Memberikan materi tips bersahabat yang baik
b. Mengkondusifkan keadaan agar siswa-siswi dapat aktif dengan melakukan tanya jawab
   3. Penutup
      a. menarik kesimpulan bersama
      b.  Memotivasi siswa
c. Salam penutup
L. Materi
: Terlampir
M. Tempat Penyelenggaraan.
: Ruang kelas
N. Waktu.
: 1x 40 menit
O.  Penyelenggaraan Layanan.
Guru Pamong
P.  Pelaksana Layanan.
Praktikan
Q.  Biaya
:  RAPBS
R.  Media
S.  Metode.
: Spidol, White Board, laptop, power point
:Ceramah,Diskusi,Tanya Jawab.
T. Rencana penilaian
1. Penilaian Proses
Ø  Apakah suatu layanan yang telah di berikan kepada siswa dapat berjalan dengan baik dan lancar
Ø  seperti apakah respon siswa atas penyampaian materi bimbingan
2. Hasil
Ø  apakah siswa cukup memahami penjelasan yang telah di sampaikan oleh konselor

U.Evaluasi                                    :Mengadakan konseling individu atau kelompok.
Guru Pamong




Drs.Yuni Edi Purwanto
NIP.19660616 199601 1001




Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N 1 Ambarawa



Drs. Hi.Mukodas
NIP. 19600504 198603 1 013



LAYANAN INFORMASI
TIPS BARGAUL ATAU BERSAHABAT YANG BAIK

1.    Pengertian Sahabat
Apa itu Sahabat?
Sahabat banyak diartikan sebuah hubungan pertemanan yang sangat dekat atau lebih kepada arah persaudaraan. Terkadang seorang sahabat sendiri lebih dekat daripada keluarga yang kita miliki. Terkadang kita menceritakan apapun lebih jujur kepada sahabat dibanding dengan keluarga kita sendiri. Maka dari itu tak heran jika banyak kisah sahabat dan cerita persahabatan sejati yang sangat terkenal di dunia ini.
2.Perbedaan Sahabat dengan Teman
Orang sering keliru mengartikan kata sahabat dan teman. Jika kita pintar, kita bisa membedakan mana yang teman dan mana yang sahabat. Tidak semua teman adalah sahabat dan tidak pula semua sahabat adalah teman.
Sahabat adalah orang yang selalu merasakan suka duka yang di alami oleh seorang sahabatnya. Sedangkan teman adalah orang yang tidak terlalu dekat dengan kita, bias saja karena hanya bertatap muka satu kali atau dua kali lalu kita bias menyebutnya sebagai teman. Tetapi sahabat adalah orang yang selalu menemani dan mersakan pahit masinya hidup ini.
Teman : pengertiannya lebih spesifik. Misalnya teman itu bisa saja teman bermain, teman sekolah, teman kampus dll. Pertemanan hanya sebatas ruang lingkup itu saja, dan kalau sudah diluar itu maka bisanya tidak akan ada hubungan apa-apa lagi. Biasanya teman tidak akan atau tidak mau merasakan apa yang sedang di rasakan oleh teman yang lainnya. Mereka cenderung tidak mau peduli, walapun tidak semuanya seperti itu. Saya jelaskan secara detail lagi bahwa, teman bermain, sekolah dan kampus yang dimaksudkan diatas adalah teman bermain berarti ya memang teman bermain saja dan tidak lebih dari itu, begitu pun teman kampus, teman sekolah dan lain-lain.
Sahabat : penegrtiannya lebih dalam dan disertai dengan peraan simpati terhadap sahabatnya tanpa mengenal waktu dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama (tak berbatas waktu). Dan lagi bahwa, sahabat akan selalu setia bersama mengalami suka maupun duka yang kami rasakan. Kelebihan sahabat itu sendiri adalah diamana sahabat itu kita bisa jadikan sebagai tempat untuk kita curhat dan menungkapkan perasaan apa saja yang kita hadapai dalam kehidupan kita. sahabat itu tempat kita curhat, meluapkan apa yg akan kita luapkan, sahabat selalu ada saat kita butuh selalu setia saat kita ditinggalin orang-orang yang kita saying, itu bedanya sahabat sama teman.
“temen mudah di cari namun sahabat susah tuk dicari”

1. Menghargai Orang lain
Kita sebagai Manusia Yang hidup saling membutuhkan harus bisa menghargai segala bentuk apapun yang ada pada orang lain. Baik itu masalah pendapat, keahlian, maupun sifat dan pribadi dirinya. Jangan sampai keluar kata-kata yang bisa menyinggung orang lain… Kalo kamu mau dihargai oleh orang lain.
2. Bercanda
Memang benar… bercanda adalah sesuatu yang asyik pada diri Manusia, Tapi jangan sampai kita Over Low dalam bercanda sama orang lain dan kita harus melihat situasi orang yang mau kita ajak bercanda apakah memungkinkan apa nggak untuk di ajak bercanda.
Kalo pun dia sedang dihadapi dengan kesulitan yang sangat berat kita harus bisa membuat dia tertawa, tersenyum dan merasa nyaman bila berada di samping kita meskipun dalam keadaan yang segmenting mungkin.

3. Menjadi Orang Yang di Percaya
Kalo kita di Percaya oleh Teman/Orang lain, itu bukanlah sesuatu Yang Baik buat kita, emang sih… dipercaya oleh teman bisa membuat kita senang, senang karena dipercaya oleh orang lain. Tapi yang membuat kita rada susah yaitu apakah kita bisa menjaga kepercayaan yang di berikan oleh orang lain kepada kita??
Jadi, agar kita bisa memelihara kepercayaan itu salah satu caranya ialah Jangan biasakan menjadi mulut Ember, dan berpikir rahasia orang lain adalah rahasia kita

4. Menjadi Teman Yang bisa diandalkan
Nah ini dia.. apakah kita sudah bisa menjadi teman Yang Baik…?
Apakah kita sudah pantas di sebut sebagai seorang teman yang bisa diandalkan? Bisa diandalkan oleh oranglain bila mereka mendapatkan hal yang sangat sulit.

Untuk menjadi teman yang bisa diandalkan memang susah susah Gampang. Cara Gampangnya ialah.. cukuplah memenuhi criteria yang telah disebutkan diatas, yaitu : Kita bisa menghargai Orang Lain, bisa membuat Teman tersenyum dalam keadaan apapun mekipun dalam keadaan yang sangat genting, Menjaga kepercayaan yang diberikan oleh Teman/Orang.















Ambarwa Februari 2013
Praktikan



Tomi Risadi
NMP : 09020127

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal kepribadian bk

    Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan positif (+) bila sesuai dengan anda, atau negatif (-) bila tidak sesuai dengan anda....